Opat Gileus

Posisi tubuh kita menyamping ke kanan kita, posisi lengan kanan diatas menyamping telungkup, mengarah ke depan, lengan kiri menyilang di depan perut, menyamping telungkup. Geser kaki setengah lingkaran, dan gerakkan tangan seolah-olah menggileus sesuatu dibawah kita samping kiri. Disaat terakhir posisi telapak tangan menghadap ke atas kedua-duanya. Sebaliknya melalui samping kiri, posisi lengan kiri dibawah menyamping telungkup, lengan kanan menyilang didepan perut dalam posisi telungkup. Geser kaki kiri setengah lingkaran dan gerakkan tangan seolah-olah menggileus sesuatu ketas samping kanan.

Filosofi : Gileus / hancurkan segala sifat-sifat tidak baik yang ada dihati sanubari, dan pasrahkan / ingat selalu ke Allah.

Makna Beladiri : Untuk menetralkan dorongan sebelah tangan ke arah dada kiri atau kanan yang sudah menempel atau rapat ke badan, kemudian dilakukan gerakan gileus telapak tangan memutar sehingga lawan kehilangan tenaga, kemudian bisa disusul dengan rangkaian jurus-jurus atau gerakan lain, diantaranya sikut atau pukul dengan telapak tangan miring ke arah pipi atau leher. Jurus Gileus merupakan jurus rapetan, bisa juga digunakan jurus balik, juga bisa digunakan untuk menyambut serangan lawan.

Makna Kesehatan : Gerakan memutar kiri dan kanan pinggang melatih tubuh bagian tersebut sehingga meningkatkan organ tubuh seperti ginjal oleh gileus kiri; hati dan sistem pencernaan usus 12 jari oleh gileus kanan.