Penyembuhan Nampon (Therapy Energy)

Ilmu Nampon bukanlah suatu ilmu yang takhayul atau gaib. Tidak semua penyakit dapat disembuhkan, karena kami manusia yang serba lemah dan senantiasa meminta izinNYA, dan ridho Tuhan Yang Maha Esa atas tiap tindakan kita membela yang lemah.

Murid Nampon bukanlah seorang yang membuat mukjizat. Semua kemampuan didapatkan melalui ketekunan murid belajar, berlatih, berlatih dan berlatih serta mensyukuri segala nikmat yang telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Pada dasarnya tiap manusia dilahirkan dengan memiliki potensi tenaga yang besar. Dengan mengenali dan menguasai diri dengan baik, maka Tenaga Dalam yang dimilikinya akan dapat membawa manfaat sebesar-besarnya bagi dirinya, keluarganya, bangsa dan negaranya.

Bentuk ? bentuk energi

Dalam ilmu fisika, energi adalah kemampuan atau kapasitas untuk melakukan sesuatu atau menghasilkan perubahan. Energi dapat berbentuk panas, cahaya, suara, listrik atau kimia.

Energi statis atau energi potensial adalah energi yang ada karena posisi atau kondisi, sementara energi kinetis adalah energi yang dimiliki tubuh atau benda karena gerakannya. Meskipun sebuah benda atau massa terlihat dalam keadaan diam, atom dan molekul yang terdapat di dalamnya tetap bergerak dan memiliki energi kinetik. Energi statis atau energi potensial dapat berubah menjadi energi kinetik dengan terjadinya usaha atau gerakan pada massa/benda tersebut. Misalnya batu di ujung tebing yang memiliki energi potensial, bila didorong dan jatuh maka batu tersebut memiliki energi kinetik.

Energi kinetik rata-rata yang dimiliki atom atau molekul diukur dengan temperatur dari benda/massa di mana atom atau molekul tersebut berada. Sebuah benda dengan massa yang lebih besar memiliki atom dan molekul yang lebih banyak daripada benda atau massa yang lebih kecil (ringan). Dengan demikian energi kinetik dari sebuah benda yang lebih berat - lebih besar daripada energi kinetik dari sebuah benda yang lebih ringan dengan temperatur yang sama.

 

Tenaga Dalam

Tiap-tiap orang mempunyai lapangan Tenaga Dalam, orang yang belum belajar maka lapangan Tenaga Dalamnya sempit, kira-kira 1 sampai 2 cm dari tubuhnya. Orang yang sedang marah Tenaga Dalamnya mengembang, dan disebut Tenaga Dalam aksi. Maka bila terjadi reaksi dari depan atau belakang orang yang sedang beraksi itu maka ia akan jatuh. Yang disebut ber-reaksi ialah orang yang mempunyai Tenaga Dalam aktif (terlatih atau marah). Orang yang sedang marah, syaraf otaknya kurang normal, tenaga berkumpul dalam dada, sebaliknya syaraf otak belakang orang itu dalam keadaan negatif, maka walaupun ia tidak belajar Tenaga Dalamologi atau praktikal Tenaga Dalam pada waktu itu orang tersebut mempunyai Tenaga Dalam aktif sementara.

Silat Nampon dari Jawa Barat

Tenaga Dalam Nampon dinamakan juga Pencak Silat Tenaga Dalam, merupakan gabungan aliran Cikalong, Cikaretan, Syahbandar Kari dan Madi. Ilmu Nampon Jurus Gebreg Nampon (Gerakan regenerasi bersama) merupakan ciptaan Alm Embah Khair yang diturunkan kepada Uwak Nampon hasil pelajaran Alm. Nampon yang puluhan tahun, menghasilkan gerakan yang berbeda dari yang lain dan berlandaskan sikap pandang Alm. Nampon yang khas. Apabila pencak silat yang lainnya merupakan rangkaian gerakan dengan mengangkat kaki, Alm Nampon menciptakan Gerak langkah merapat kaki selalu ditanah, dengan dasar 10 macam gerak pencak.

Pada ilmu Nampon, Tenaga Dalam ialah energi yang ditimbulkan dengan jalan senam atau jurus dengan disertai latihan nafas. Gerakan pernafasan diatur oleh pusat pernafasan dalam otak yang mempunyai perangsang Tenaga Dalam yang penuh dengan zat asam. Apabila di dalam darah tidak ada zat asam, maka otak tidak menerima perangsang lagi, timbullah suatu daya yang disebut daya sandi yang dapat mengompakkan energi menjadi energi yang lebih besar/intens. Setelah Tenaga Dalam terkumpul dalam otot-otot (butir-butir Tenaga Dalam terdiri dari butir-butir Bio elektrisitas), lalu dikembalikan oleh daya pernafasan, dan daya fikiran yang berpangkal dalam otak. Daya fikiran dalam otak disebut pula daya saran, maka bio elektrisitas itu melompat bergetar dan bergelombang keluar dan tak kembali lagi, tetapi dalam badan terus memproduksi dan tidak akan habis-habisnya selama manusia itu hidup.

Berlainan dgn jurus penca silat lain, Aliran Alm Nampon berpusat didada sehingga gerak ditangan serasa kosong, berorientasi pada kesamaan gerak. Dari seluruh organ anggota tubuh tangan, kaki, dada, mata, dan nafas. Tenaga otot dipusatkan di otot dada dan belikat. Setiap gerak diakhiri dengan kesamaan tindak laku otot didada, tangan, kaki yang disabet dan digabreg (dihentakkan dan dikompakkan bersama-sama dalam satu gerakan). Karena dasar yang khas inilah jurus khas ini akhirnya dikenal dengan sebutan Jurus Gebreg (Singkatan dari gerakan Regenerasi Bersama). Karena terkenal dengan gaya Penca Silat yang khas dan baru, muncul berbagai sebutan. Ada yang menamakan Ulin nampon, ada juga yang menamakannya Stroom, Timbangan, Spierkracht/tenaga dalam.

Ilmu silat Nampon dari Jawa Barat didirikan oleh Alm. Uwa Nampon pada 1932 di Padalarang.

Bagaimana memelihara keseimbangan

Sepuluh jurus nampon memiliki karakter ciri sendiri, dan jika digabungkan, kesepuluh jurus nampon akan menghasilkan energi power yang lengkap

Sebagai Ilmu, yang berakar pada budaya dan seni tatar Sunda, Ilmu Pencak silat Nampon memiliki empat unsur:

Energi sebagai unsur kesehatan, serta penyembuhan

Pernapasan dan meditasi Nampon dapat mengurangi tingkat kejenuhan dan menjaga kesehatan seseorang. Seseorang yang mempelajari tehnik pernapasan dan meditasi Nampon dibandingkan dengan orang yang tidak mengikuti pelatihan ini dengan faktor demografik yang sama (umur, pendidikan, dll) sangat terlihat perbedaaannya.

Beberapa manfaat yang sangat berarti dalam mempelajari Nampon adalah :

  1. Mengurangi tingkat kejenuhan, kegelisahan, tekanan pekerjaan, insomnia dan pegal-pegal
  2. Mengurangi efek samping rokok dan minuman keras
  3. Meningkatkan kesehatan dan menurunkan keluhan kesehatan
  4. Meningkatkan efektifitas, hasil kerja yang memuaskan dan hubungan kepribadian.
  5. Mengurangi Stres dan Ketegangan Otot
  6. Meningkatkan Daya Kretifitas
  7. Mengurangi Faktor Resiko Penyakit Jantung
  8. Menjaga Stamina Tubuh (Penyembuhan dengan Pengobatan Psikomatik)
  9. Memperlambat Proses Penuaan
  10. Mengurangi Pengaruh Rokok, Minuman Keras dan Penggunaan Alkohol

Beberapa anggota yang sudah mengikuti latihan mengatakan bahwa mereka melihat peningkatan dari hasil pekerjaan dan kepuasan bekerja dibandingkan sebelum mereka mengikuti pelatihan Nampon ini.

Keuntungan untuk Perusahaan :

Keuntungan untuk Para Eksekutif :

 

 

Keuntungan bagi Karyawan :

Energi sebagai unsur penyembuhan penyakit

Penyakit menurut Nampon dapat berasal dari dalam diri sendiri atau masuk dari luar tubuh. Karena tubuh terdiri atas unsur fisik, pikiran dan jiwa, maka penyakit juga dapat diakibatkan oleh ketidak seimbangan pada tubuh, pikiran dan jiwa. Nampon memandang penyakit sebagai tenaga yang dapat membinasakan, atau energi yang harus dilawan. Penyakit = musuh, sementara musuh harus dilawan.

Dengan mengenali perbedaan getaran, temperatur dan sinar dari berbagai bagian tubuh inilah seseorang yang memiliki ilmu Nampon dapat mengetahui ketidak normalan yang terjadi pada satu atau lebih bagian tubuh. Bagian tubuh yang terganggu /tidak normal memancarkan sinar tubuh/hawa/getaran/frekwensi yang berbeda dibanding bagian tubuh yang normal. Sel yang tidak normal dinetralisir, sementara sel yang mati di rangsang agar tereproduksi kembali, diganti oleh sel baru yang normal.

Kesimpulan

Apakah Ilmu Nampon menyembuhkan semua penyakit? Tidak.

Tenaga Dalam Ilmu Nampon tidak dapat menyembuhkan semua penyakit. Seluruh kemampuan anggota dan murid hanya mungkin karena kehendak dan izinNYA. Pada akhirnya semua ini dikerjakan demi ibadah kita dijalanNYA, seperti juga yang diajarkan guru-guru Ilmu Nampon.