ENERGI JURUS NAMPON TRIRASA JAGASATRU

Bandung, 23 Juni 2010
oleh : Ki H Sudrajat Handawinata - (Abah)

Jurus NAMPON Trirasa Jagasatru yang didapatkan diperguruan kita sangat dominan dari awal sampai akhir, terdiri dari jurus-jurus pencak silat uwa Nampon dikembangkan menjadi jurus tenaga dalam, oleh uwa KM. Thamin, yang mana jurus tenaga dalam trirasa ini merupakan jurus fisik dan non fisik yaitu :
1. Olah tubuh
2. Olah fikir
3. Olah rasa

Dengan hasil pengolahan ini, diharapkan akan membawa manfaat bagi setiap individu baik secara fisik dan non fisik, kebutuhan tubuh dan jiwa dalam rangka menopang kehidupan.
Khususnya tenaga dalam yang dilatih NAMPON TRIRASA adalah INNER POWER DEVELOPMENT, yang merupakan pelatihan untuk mengembangkan dan memanfaatkan inner power manusia yang masing-masing sudah dimiliki sejak lahir yang di berikan oleh TUHAN yang MAHA KUASA. Pelaku juga harus memiliki niat baik dan semangat yang kuat.

Niat baik dan semangat yang kuat adalah kekuatan tersendiri dalam menjaga konsistensi yang merupakan dasar-dasar persiapan seseorang dalam melakukan jurus.
SPIRIT JURUS for BODY, MIND, and SOUL tentang inner power yang diatas berdasarkan pemahaman trirasa/Abah adalah beberapa kemampuan awal yang bisa dibangun dengan meningkatkan energi melalui cara jurus yang baik dan konsisten.
Energi yang terdapat di dalam tubuh manusia adalah Human Bioelectro Magnet
Tubuh adalah sebagai transformer / media perubah dan pengembangan energi. Gerakan jurus yang menggesekkan telapak kaki ke bumi, disebabkan bagian bawah tubuh adalah pintu masuk sejumlah energi magnetik disebut juga energi pentanahan ke bumi / gravitasi.
Bagian atas kepala dan bagian belakang leher kita adalah pintu masuk enegi elektrik atau pentanahan ke langit maka gerakan jurus bagian atas untuk menambang energi listrik dari alam semesta.
Kesimpulannya Energi magnetic didapat dari bumi sedangkan Energi electric didapat dari alam semesta di atas bumi.
Jurus- jurus TRIRASA membangun Bioelectro magnet/energi secara serempak (gebreg) boleh dikatakan juga jurus bumi dan langit.
Energi yang dibangun dari inner power oleh perilaku jurus akan lebih potensial dibanding dengan orang rata-rata yang tidak terlatih.

Jadi manfaat jurus-jurus NAMPON adalah :
1. Menjaga kelangsungan regenerasi sel, dimana sekitar 53 triliyun sel-sel hidup membentuk satu tubuh manusia dewasa.
2. Meningkatkan kualitas cairan dilingkungan sel.
3. Memberikan energi pada sel dan menjaga kelangsungan regenerasi sel.
4. Memberikan perlindungan inti sel dari asam racun buangan.
5. Meningkatkan kemampuan sel untuk membuang toksin dan asam racun buangan.
6. Meningkatkan penyerapan oksigen dan penyerapan nutrisi.
7. Memberikan vitalitas untuk perbaikan sel itu sendiri.
8. Mengendalikan penyebaran kelenjar tiroid untuk mengatur keseimbangan metabolisme tubuh.

Dampak lain jurus Trirasa dan energi yang di peroleh dari hasil latihannya, kita akan mendapatkan beberapa kekuatan dan daya olehnya yang berdasarkan penelitian cara manusia berinteraksi dari kecil sampai tua yaitu dengan menggunakan daya-daya yang diperoleh seperti di bawah ini ;
1. meningkatnya kekuatan pikiran (POWER of MIND), karena keterampilan ini sangat dibutuhkan, sehingga energi yang di bangun dapat dikendalikan dengan kekuatan pikiran (enegy follow the mind).
2. meningkatnya daya khayal/imajinasi (POWER of imgination)
3. meningktanya daya hipnotis
4. meningkatnya daya telepati
5. meningkatnya daya Sugesti
Orang yang tidak terlatih, daya tersebut hanya memiliki kurang lebih 20% saja, sedangkan yang terlatih kemampuan itu bisa didapat diatas 20% secara seimbang atau bisa saja melatih secara khusus salah satu dari daya tersebut untuk kepentingan tertentu.

Manfaat lain secara umum :
1. Meningkatkan indera ke enam / intuisi.
2. Menigkatkan daya analisa pikiran.
3. Meningkatkan konsentrasi belajar dan mempercepat daya serap.
4. Meningkatkan kecerdasan otak / IQ.
5. Meningkatnya daya ketahanan tubuh seperti:
a) daya tahan kesehatan (imunitas),
b) menguatkan organ-organ didalam tubuh,
c) Mengurangi tingkat efek samping rokok dan minuman keras.
6. Mengurangi tingkat stress dan ketegangan otot.
7. Mengurangi faktor resiko penyakit jantung.
8. Memperlambat proses penuaan.
9. Memperoleh kebahagiaan hidup dengan ilmu yang kita miliki.

Kesimpulan mengenai faedah ilmu NAMPON TRIRASA ini adalah :
a) Faedah pada kesehatan dan kemampuan penyembuhan
b) Faedah bela diri tenaga dalam / soft self defence / keamanan dan keselamatan diri serta memproteksi terhadap benda maupun tempat.
c) Faedah dalam menghadapi kasus dalam pekerjaan maupun dalam kehidupan sehari-hari.
d) Menunjang kestabilan jiwa dan raga , rasio dan emosi yang didukung dengan derajat spiritual yang mapan.

ASPEK ILMIAH
- Berdasarkan penelitian yang didapat dari internet oleh Universitas Victoria Melbourne Australia tahun 2000 tentang energi item human bioelectromagnet. Sesuai dengan cara latihan yang di berikan oleh uwa Nampon sejak tahun 1932.
- Lokakarya penyembuhan berbasis tenaga dalam dipandang dari sudut ilmu fisika oleh profesor Pantur Silaban 21 juni 2003 di Jakarta.
- Lokakarya Nampon Trirasa Penyembuhan alternatif berbasis tenaga dalam menggunakan teknik Nampon (topik : sehat dan sakit menurut medis bersama Dr. H.M sarengat, MM. 2001)

SIGNIFIKAN
Pelajaran-pelajaran yang di berikan perguruan “bukanlah untuk menciptakan suatu mukjizat, takhayul, dan keghaiban” melainkan setiap keterampilan maupun kemampuan yang didapatkan dikarenakan ketekunan murid / anggota dalam belajar dan latihan-latihan yang berdasarkan kekuatan niat baik dan konsisten terhadap pakem-pakem yang diberikan perguruan dengan tiada lepas dari mensyukuri segala nikmat yang telah di berikan yang Maha Kuasa.
Tiap- tiap manusia dilahirkan berpotensi memiliki inner power, kekuatan dalam / energi yang alami, yang apabila dibina atau dilatih hingga mencapai tingkat tertentu maka akan membawa manfaat diri dan lingkungannya.

Key words:
1. Practice of jurus is inner power development.
2. Spirit of jurus, for body, mind and soul
3. Energy follow the mind

Merah : tempat penambangan energi yang optimal

Kuning : tempat penyimpanan energi

Biru : tempat penambangan energi yang kurang baik (kecuali untuk kundalini)

Berdasarkan penelitian dari Universitas Melbourne Australia tahun 2000